Sabtu, 14 November 2015

9 Gaya Rambut Klasik Pria Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Textured Cut With Fringe
Sebelum memotong rambut dengan gaya ini, rambut anda harus memiliki panjang yang cukup. Potongan rambut model ini paling cocok diaplikasikan pada jenis rambut yang tebal daripada rambut tipis. Pria dengan (unyeng-unyeng) dua di kepalanya, perlu mencoba gaya rambut ini.


Untuk mendapatkan tampilan rambut bergelombang, sebaiknya anda bawa/simpan foto gaya rambut ini di smartphone anda untuk menunjukkan potongan rambut yang anda inginkan. Tukang cukur yang baik akan memberitahukan kepada anda apakah potongan rambut ini cocok untuk anda dan jenis rambut anda.



Satu hal yang perlu diperhatikan ketika anda memilih memotong rambut model ini adalah gunting sasak (thinning scissors). Gunting tersebut membuat rambut anda menjadi tipis pada tengah sampai ujung sedangkan pada akar rambut menjadi sangat tebal. Sebaiknya gunakan teknik cukur point cutting dan cukur menggunakan straight edge razor.


French Crop 
Potongan rambut ini cocok dipakai pada hampir semua tipe wajah pria. Idealnya bagi para pria untuk memendekkan rambut bagian atas. Perawatannya juga mudah, pas dipakai oleh pria yang sering keluar masuk gym atau kolam renang - karena bisa anda pakai gaya rambut ini tanpa menggunakan minyak rambut, biarkan jatuh alami saja sudah cukup.

Bila anda ingin menggunakan minyak rambut, cukup semprotkan hairspray sedikit saja. Gaya rambut french crop membuat rambut anda tampak alami, pemeliharaannya tidak perlu  menggunakan minyak rambut tapi cukup dicukur saja setiap tiga minggu atau lebih.

Buzz Cut
Potongan rambut model ini tak pernah ketinggalan zaman, namun untuk membuatnya tampak bagus anda harus mempunyai bentuk kepala yang pas (seperti Ryan Gosling atau Christian Bale).
Potongan ini memberikan tampilan maskulin pada pria dengan bentuk wajah kotak dan simetris. Untuk mendapatkan potongan seperti ini, disarankan untuk memotong menggunakan teknik scissor over comb daripada teknik clipper.

Teknik cukur clipper mencukur rambut anda mengikuti bentuk kepala, tidak banyak memberi pola, dan membuat rambut anda tampak dua dimensi, teknik ini bagus dipakai untuk mencukur habis rambut anda dalam sekali cukur. Sedangkan teknik cukur scissor over comb lebih mendetail dalam membentuk rambut dan memberikan gelombang pada rambut. Gunakan moulding cream, untuk memberi sentuhan pada rambut anda.

Slick Back
Gaya rambut slick back modern pertama kali populer pada tahun 1920an. Pada saat itu, sangat membantu sekali mempunyai potongan rambut yang tidak akan rusak saat memakai topi (simbol status dan indikator kasta tertinggi sekitar permulaan abad 20an). Sejak saat itu potongan rambut ini menjadi potongan rambut klasik abadi.

Potongan rambut ini paling cocok digunakan oleh pria berambut lurus - semakin keriting rambut anda semakin susah untuk membuat licin kebelakang. Potongan rambut ini juga bisa dipakai oleh berbagai bentuk wajah. Gaya rambut ini akan menonjolkan tampilan pria yang mempunyai kumis dan janggut. Namun sayangnya, jika anda pria yang memilki garis rambut terlalu mundur, gaya rambut ini tidak ideal dan justru membuat semakin kelihatan botak.

Bagian belakang dan samping perlu dipendekkan, alami, dan rapat sewajarnya, dengan gradasi sedikit tebal ke atas. Untuk memberi gaya tampilan traditional slick, blow dry rambut anda kemudian gunakan pomade water-based dan sisir selagi basah, atau coba matte paste untuk tampilan lebih lembut dan kekinian.

Side Parting
Gaya rambut ini populer di tahun 1920an-1940an dan kembali populer di tahun 1960an. Kemudian gaya rambut ini mulai hidup kembali dalam dekade terakhir sebagai alternatif yang lebih mudah untuk mendapatkan gaya rambut slick back.

Dasar gaya rambut ini pendek bagian belakang dan samping, gaya ini cukup serba guna dan pas digunakan pada berbagai jenis rambut dan berbagai bentuk wajah. Mintalah dicukur pendek pada bagian belakang dan samping, dan sisakan sedikit panjang pada rambut bagian atas tetap jaga kependekannya supaya jadi bersih dan rapi.

Produk minyak rambut yang digunakan tergantung pada ketebalan rambut anda, anda yang rambutnya tebal cobalah paste sedangkan minyak rambut matte clay cocok dipakai pada rambut yang tipis. Gunakan minyak rambut pada saat kondisi rambut lembap bukan basah kemudian sisir rambut anda ke samping.

Jika anda kesulitan memberi pola rambut anda, tipsnya sisir rambut anda ke belakang, anda akan lihat bagian rambut yang jatuh dan terpisah. Usapkan minyak rambut ke tangan anda, dan gosokkan pada rambut sampai kedalam lalu semprotkan hairspray bila rambut anda termasuk yang sulit diatur.

Shoulder Length Cut
Klasik dan halus, gaya rambut ini bisa dipakai pada beberapa situasi. Bisa jadi hal tersulit mendapatkan gaya rambut ini adalah menumbuhkan rambut anda. Akan ada hari dimana anda tidak kuat menahannya dan ingin sekali memotong rambut - sebelum membuat keputusan terburu-buru - cobalah menargetkan seberapa panjang rambut anda ingin ditumbuhkan dan buat keputusan anda mau bertahan pada panjang rambut tersebut atau tidak.


Keberhasilan mendapatkan gaya rambut ini tergantung tekstur rambut. Rambut lurus tidak mudah menetap pada tempatnya semudah rambut bergelombang, sama halnya dengan rambut yang terlalu keriting akan sulit untuk menjaganya tetap rapi.

Gunakan produk minyak rambut seminimal mungkin, gaya rambut ini semakin kelihatan kuat ketika tampil alami. Cobalah gunakan salt spray untuk menambahkan kelembutan saat membuat rambut terkesan berantakan atau gunakan matrix shape switcher bila anda ingin mengatur rambut yang bergelombang dan keriting.

Shaped Afro/Modern Afro Hi-Top Fade
Gaya rambut ini dipopulerkan oleh aktor Will Smith lewat sitkom televisi The Fresh Prince of Bel-Air. Namun gaya rambut ini terbatas pemakaiannya, bentuknya juga tetap jadi tidak banyak perubahan. Gaya rambut ini cocok sekali dipakai orang afro atau yang memiliki rambut super keriting.

Ada banyak sekali variasi dari gaya rambut ini, jadi lebih baik anda cari beberapa contoh model yang anda suka dan pas dirambut anda. Sebelum anda dicukur bicarakan dengan tukang cukur anda bentuk apa yang anda inginkan.

Pompadour
Gaya rambut pompadour telah populer dengan berbagai macam model sejak pertama kali dipakai oleh Madame du Pompadour, chief mistress Raja Prancis Louis XV pada tahun 1750an. Mulanya ini adala gaya feminim, dengan semua bagian rambut disematkan keatas kepala untuk membentuk rambut yang tinggi dan berseni. Gaya ini berubah selama ratusan tahun menjadi gaya sekarang, seperti pada contoh gambar dibawah.

Gaya pompadour cocok dipakai pada semua rambut tapi perlu sedikit menambah ketebalan pada rambut. Perbedaan bentuk wajah bisa diatasi dengan memvariasikan model rambut pompadour. Untuk mendapatkan gaya rambut ini, anda perlu menumbuhkan rambut bagian depan atas sedikit demi sedikit, kemudian minta tukang cukur untuk memotong rambut anda membentuk bagian atas. Setiap rambut anda dicukur, cukuran rambut bagian atas harus diubah sedikit untuk mempertahankan panjang rambut bagian depan, sambil menjaga rambut bagian belakang tetap pendek

Sekalinya anda menumbuhkan rambut bagian depan sampai panjangnya 3 inci, anda mulai bisa membuat rambut menjadi tinggi dengan menggunakan hairdryer dan mousse atau salt spray. Tarik rambut ke atas ketika anda keringkan untuk menmbuat akar rambut naik. Setelah rambut hampir kering, gunakan jari anda atau sisir rambut melingkar untuk memberi gelombang pada ujung rambut, membiarkan rambut terdorong kebelakang dengan sendirinya.

Penyelesaian terakhir gunakan hairspray untuk menjaga bentuk rambut, anda bisa buat tampilan rambut ini menjadi greaser style ala Elvis atau dishevelled style ala James Dean.

Quiff
Gaya rambut ikonik ini cocok digunakan oleh berbagai usia, bentuk wajah, dan gaya pribadi. Walaupun begitu gaya rambut ini tidak cocok digunakan oleh pria yang garis rambutnya menurun karena akan menampakkan dahi lebar anda.

Sebelum dicukur pastikan anda sudah memilih model rambut quiff klasik atau yang kontemporer. Potongan model klasik lebih lembut bagian belakang dan bagian samping yang pendek. Model kontemporer,  memberikan tampilan kontras antara rambut panjang bagian atas kepala dan potongan lebih pendek dan erat pada bagian belakang dan samping - memciptakan efek putus.
Sebagai catatan, semakin panjang rambut anda, semakin lama untuk mendandaninya.

Bentuk wajah juga penting, gaya rambut quiff menciptakan volume alami rambut, jika anda berwajah panjang alangkah baiknya jangan potong rambut bagian samping dan belakang terlalu pendek.

Untuk mendandaninya, gunakan minyak rambut yang lembap pada rambut lalu sisir kedalam sampai merata. Kemudian blow-dry rambut anda pakai hairdryer atur pada suhu tertinggi dan kecepatan terendah, sambil terus mengusap rambut membentuk pola yang anda sukai menggunakan vented brush. Selesaikan dengan menyemprotkan strong hold hairspray pada rambut anda.



sumber : Cillian O'Connor/fashionbeans.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar